Daftar Zat Kimia Yang Digunakan Dalam Proses Tekstil – 1

9633 views

Daftar zat kimia berikut ini merupakan zat yang sering digunakan pada proses kimia tekstil seperti pencelupan dan penyempurnaan.

printing kain

  1. Asam Asetat

Asam asetat adalah cairan tidak berwarna dan korosif serta mempunyai bau yang tajam. Asam asetat larut dengan air, alkohol dan eter pada semua proporsi. Asam asetat digunakan dalam industri tekstil dan garmen untuk tujuan pencelupan.

  1. Asam sitrat

Asam sitrat memiliki bentuk kristal bening atau butiran putih seperti bubuk kristal halus. Asam sitrat digunakan dalam pencelupan dan zat pembersih untuk air boiler.

  1. Asam format

Asam format adalah cairan berbau tajam dan tak berwarna yang larut dengan air, alkohol dan eter di semua proporsi. Asam format bertindak sebagai asam dan sebagai reduktor karena kehadiran kedua kelompok karboksilat dan aldehida. Asam format digunakan dalam pencelupan wol dan kain katun.

  1. Asam klorida, HCl

Gas asam klorida adalah tidak berwarna, gas berbau menyengat dengan rasa asam. Menguap di udara lembab dan sangat larut dalam air.

  1. Asam Nitrat, HNO3

Asam nitrat adalah cairan tak berwarna ketika murni tetapi dapat berubah berwarna kuning karena produk disosiasinya terutama nitrogen dioksida. Asam nitrat merupakan asam kuat dan bertindak sebagai zat pengoksidasi yang kuat. Asam nitrat digunakan dalam pembuatan pewarna.

  1. Asam oksalat, HOOC.COOH.2H2O

Asam Oksalat adalah tidak berwarna, berbentuk kristal padat dengan dua molekul air dari kristalisasi. Asam oksalat yang digunakan dalam industri garmen dan tekstil untuk menghilangkan noda tinta dari kain.

  1. Liquid Amonia, NH4OH

Amonia adalah gas tidak berwarna dengan bau menyengat yang khas dan rasa basa. Amonia digunakan sebagai agen pembersih untuk menghapus minyak pada dry cleaning.

  1. Caustic soda (Sodium Hidroksida), NaOH

Soda api adalah kristal putih padat, yang mudah menyerap kelembaban dan karbon dioksida dari atmosfer, digunakan untuk mercerizing katun.

  1. Soda Ash, Na2CO3

Natrium karbonat adalah kristal putih padat yang mengandung kristalisasi air. Digunakan di binatu untuk pencuci soda dan juga digunakan sebagai softener air.

  1. Natrium bikarbonat (Baking Soda), NaHCO3

Natrium bikarbonat tersedia dalam bentuk kristal putih, sedikit larut dalam air dan merupakan alkali di alam.

  1. Sodium Silikat

Sodium silikat banyak digunakan dalam industri garmen sebagai fixing agent dan untuk rendering tahan api pada pakaian.

  1. Trisodium Fosfat, Na3PO4

Trisodium Fosfat berbentuk padatan kristal putih yang dapat larut dalam air. Digunakan sebagai deterjen dalam proses garmen.

  1. Diamonium hidrogen fosfat

Zat ini digunakan dalam pencetakan dengan pasta sebagai zat untuk membebaskan asam.

  1. Garam Glauber, Na2SO4.10H2O

Zat ini digunakan dalam zat warna pada industri tekstil dan garmen. Dalam industri tekstil dan garmen, zat ini akan ditambahkan ke bak pencelupan untuk kain katun.

  1. Magnesium Klorida

Zat ini berentuk kristal, tidak berwarna, dan larut dalam air. Digunakan dalam industri tekstil dan garmen untuk penganjian kapas dan kain wol, serta untuk pelumasan benang dan karbonisasi wol.

  1. Seng Klorida

Zat Ini berbentuk padatan putih dan sangat larut dalam air. Larutan yang pekat dari seng klorida dapat melarutkan selulosa.

  1. Zinc Sulphate ZnSO4.7H2O

Zat ini berbentuk kristal padat yang sangat larut dalam air. Digunakan dalam proses pencetakan (printing).

Hasil Pencarian Lainnya:

No related post!