Lima Jenis Serat Kapas Bahan Katun (Cotton) yang Populer

15875 views

Terdapat 5 jenis kapas (cotton) yang dibudidayakan secara komersial: kapas Asiatic cotton, kapas Sea Island, kapas Mesir, kapas Upland Amerika dan kapas Amerika Prima. Kapas Mesir, kapas Pima dan kapas Upland adalah serat kapas yangg paling banyak diperdagangkan di pasaran saat ini. Kapas Mesir, kapas Pima dan kapas Sea Island semuanya berasal dari tanaman kapas yang sama, yaitu Barbadens Gossypium.

Kapas Sea Island
Kapas Sea islandKapas Sea Island yang otentik merupakan kapas kasmir. Kapas jenis ini juga termasuk kapas ELS (extra long staple) sehingga memiliki panjang staple sekitar lebih dari 1 3/8 inch. Kapas ini sering difavoritkan orang karena seratnya yang panjang dan halus sehingga dapat dijadikan benang yang berkualitas dapat ditenun menjadi kain lembut dan elegan yang cukup mahal harganya. Kapas jenis ini juga dapat dicuci dengan mesin, tapi kadang kadang juga telah melalui proses mercerized (dibuat menjadi lebih lembut, kuat dan mengkilau).

Kapas Mesir

Kapas MesirSerat kapas ini sedikit berwarna kecoklatan. Berasal dari Mesir (sesuai namanya), kapas jenis ini mempunyai serat yang panjang, lebih tipis dan mengkilau sehingga dapat dijadikan benang yang kuat. Kapas Mesir juga merupakan jenis kapas ELS. Kondisi yang lembab dan tanah yang subur di sepanjang aliran sungai Nil di Mesir menciptakan kondisi yang ideal untuk menghasilkan serat kapas yang panjang ini. Kapas Mesir mempunyai panjang staple kisaran dari 1½ inch sampai dengan 2 ¼ inches.

Terdapat banyak jenis katun di pasaran yang sengaja disebut seolah-olah sebagai katun Mesir tetapi kenyataannya katun Mesir yang asli hanya dapat diperoleh dari Mesir. Logo katun Mesir sengaja diciptakan pada tahun 2001 sebagai trademark untuk membedakan antara produk katun Mesir dengan jenis produk katun lainnya.

Kapas Pima
Kapas PimaSalah satu jenis kapas yang termasuk dalam kategori kapas ELS, kapas ini dikenal dengan seratnya yang lembut dan panjang, kualitasnya pun tidak kalah dengan kapas Mesir. Karena kelembutannya, kekuatan, daya tahan, dan daya serapnya, kapas ini menjadi salah satu yang terbaik dan terpopuler untuk dijadikan seprai, handuk dan pakaian. Kapas Pima merupakan jenis kapas yang ditanam terutama di Australia, Peru dan Amerika Serikat bagian barat daya. Kapas Pima sedikit lebih pendek dari kapas Mesir tetapi keduanya dapat menghasilkan benang berkualitas yang dapat ditenun beberapa kali supaya menjadi kain yang lembut, padat dan elegan.

Kapas Asiatic
Tipe serat kapas ini mempunyai serat yang lebih keras dan kasar sehingga sering dipakai untuk membuat produk-produk seperti selimut, filter, bahan padding dan sejenisnya. India, Cina dan di Asia Timur adalah tempat dimana jenis kapas ini banyak dihasilkan.

Kapas American Upland

Termasuk salah satu jenis bahan katun yang banyak dipakai, Kapas American upland lebih murah dan dengan kualitas yang dasar. Fleksibilitas dari bahan ini membuatnya dapat digunakan untuk kemeja mahal dan denim.
Selain kapas diatas, terdapat banyak lagi jenis bahan katun yang ada seperti Bamboo Cotton, katun French Terry, Canton cotton, Honey Comb Cotton, Oxford Chambray Cotton, dan Cotton Twill.

Baca juga: Sifat Fisik Serat Kapas

Hasil Pencarian Lainnya: