Memahami Desain Tekstil

5681 views

Bila membahas tentang tekstil maka pada umumnya yang terpikirkan adalah pakaian atau barang pakai, dan secara umum memang kerajinan tekstil diperuntukan untuk barang pakai, selain fungsi utama tersebut yang membuat kerajinan tekstil digemari oleh banyak orang adalah pada seni dan keindahan motifnya, untuk itu dalam proses pembuatan kerajinan tekstil maka tidak akan lepas dari merancang desain tekstil yang menarik dan menyimpan makna.

Memahami desain tekstil

Mendesain tekstil adalah proses membuat, merancang motif atau corak baik dari struktur kain maupun pada permukaan kain dengan menggunakan teknik titik, garis, dan bidang warna. Jadi unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam proses mendesain adalah ide, motif, warna, teknik, ukuran, step dan repeat, joint, colour window, drapping model, dan presentasi. Unsur-unsur tersebut adalah kunci anda mendapatkan kain yang bermotif menarik dan sempurna.

desain tekstil

Dalam mendesain tekstil, anda juga perlu melalui beberapa tahapan yaitu desain awal / pra desain, pada tahap ini anda hanya perlu membuat beberapa sketsa dengan beberapa alternative motif dan warna yang sudah dipilih, tahap selanjutnya yaitu desain pengembangan / developing desain, pada tahap ini sudah ada hasil awal yang dipilih pada tahap pra desain dan kemudian baru diproses secara lengkap menjadi desain yang utuh dengan beberapa alternative yang lain, selanjutnya yang terakhir adalah tahap desain akhir, pada tahap ini anda hanya perlu menambah dan mengurangi sesuai dengan selera kemudian dibuatkan color way-nya dan model sehingga akan menjadi satu port folio.

Selanjutnya untuk menghasilkan rancangan tekstil yang menarik, sarat akan nilai dan memilikiestetika yang tinggi maka anda juga perlu mengetahui jenis desain tekstil. Banyak jenis yang dapat menjadi acuan bagi anda untuk mendesain supaya motif yang anda buat memiliki tema yang jelas yaitu seperti desain flora, desain fauna, desain abstrak, desain geometris, desain tradisional, desain polkadot, desain black and white, desain paisley, desain strip, dan desain check.Semua desain tersebut mampu memberikan makna tersendiri.

Hasil Pencarian Lainnya: