Pengertian dan Prinsip Dasar Pembuatan Benang Fancy

14153 views

Benang mengacu pada struktur yang terdiri dari panjang yang terus menerus dari serat yang saling bertautan. Sesuai untuk digunakan dalam produksi tekstil, menjahit, merajut, tenun, bordir dan pembuatan tali. Namun, pengertian benang fancy (hias) berbeda dari benang biasa. Perbedaan ini terjadi terutama karena pengenalan diskontinuitas dekoratif yang disengaja dalam bentuk warna, struktur atau keduanya. Ukuran dan nilai pasar untuk benang fancy diabaikan. Namun, benang fancy muncul terutama pada item yang bernilai tinggi, sehingga volume yang kecil tidak dapat diabaikan. Benang fancy memberikan sentuhan mewah dengan kain untuk berbagai kegunaan akhir. Permintaan yang signifikan dari benag fancy adalah untuk pakaian luar wanita dan anak-anak.

Profil dasar dari benang fancy adalah Spiral, Gimp, Slub, Knob, loop, Cover, chenille dan benang Snarl. Efek fancy dapat diperoleh dengan dua cara:

  1. Dengan twisting dan atau teknik penggandaan
  2. Dengan efek pintal dari serat. Efek dapat acak dan dapat teratur.

Prinsip Dasar Pembuatan Benang Fancy :

Komponen dasar (inti), sebuah komponen efek dan pengikat dalam benang fancy ditunjukkan pada gambar berikut. Untuk mendapatkan efek struktur, efek komponen yang lebih panjang, relatif terhadap komponen inti harus ada untuk membentuk efek yang diperlukan. Twisting dari komponen efek terhadap komponen inti akan menghasilkan efek estetika.

prinsip dasar pembuatan benang fancy

Prinsip dasar pembuatan benang fancy

Oleh karena itu prinsip dasarnya adalah untuk memberi suapan (feed) komponen inti dan komponen efek pada kecepatan yang berbeda untuk unsur twisting. Rasio persentase komponen efek dan komponen inti disebut rasio over feed.

Sistem  Manufaktur  Benang Fancy

Sistem manufaktur benang fancy

Gambar di atas menunjukkan sistem manufaktur benang fancy. klasifikasi dibuat berdasarkan twisting, brushing dan proses pemintalan.

Klasifikasi Fancy Benang:

Ada lima kriteria utama yang diakui untuk klasifikasi benang fancy, yaitu:

  1. Jenis bahan baku yang digunakan untuk pembuatan efek
  2. Jumlah komponen inti dan komponen Efek
  3. Metode pembuatan
  4. Jenis Efek yang dihasilkan
  5. Penggunaan akhir benang fancy

Klasifikasi benang fancy dilakukan sesuai dengan jenis dan bentuk bahan yang digunakan untuk membuat suatu efek. Jenis bahan yang digunakan untuk pembuatan efek mengacu pada bahan dasar komponen, yaitu; kapas, wol, sutra, poliester, nilon, blend, dll. Sedangkan bentuk materi mengacu pada bentuk komponen yang digunakan untuk tujuan yang dimaksud. Komponen dapat berasal tidak hanya dari benang yang terbuat dari serat stapel atau filamen tetapi juga dari panjang benang dan atau filamen, potongan kain yang terbuat dari bahan tenunan kain, bahan rajutan atau bahan non-woven dan juga penutup polimer untuk lapisan dekoratif komponen inti. Dapat berupa tape / pita, benang metalik, dll. ditambahkan untuk keperluan dekoratif. Jumlah dan jenis komponen hampir mengubah struktur dan eksterior dari benang fancy. Jumlah komponen dapat berbeda dari satu sampai enam dan banyak lagi.

Klasifikasi benang fancy berdasarkan jenis efek

Klasifikasi benang fancy berdasarkan jenis efek

Klasifikasi berdasarkan metode manufaktur pada dasarnya berhubungan dengan proses langsung atau tidak langsung untuk mendapatkan efek fancy. Proses langsung berhubungan dengan produksi benang fancy dalam langkah tunggal dengan peralatan khusus, yaitu; twister untuk pembuatan benang fancy, mesin rajut khusus, dll. Sedangkan, pada proses tidak langsung tidak menggunakan peralatan khusus untuk produksi benang fancy. Produksi berdasarkan jumlah mesin secara berurutan. Benang fancy yang dihasilkan oleh sistem ring spinning adalah contoh terbaik untuk kategori ini. Gambar berikut menjelaskan klasifikasi benang fancy berdasarkan jenis efek. Pengelompokan benang fancy didasarkan pada jenis efek yang diperoleh. Terutama berkaitan dengan variasi dalam optik, efek struktur dan majemuk.
Baca juga: Klasifikasi benang berdasarkan struktur dan penggunaannya

Hasil Pencarian Lainnya: