Pengertian Kain Rajut

8116 views

Kain rajut dibuat dengan cara memanipulasi sehelai benang. Proses pembuatan kain ini biasanya melibatkan dua jarum dan sehelai benang. Merajut dapat dilakukan dengan tangan atau dengan menggunakan alat/mesin.

Struktur kain rajut sebenarnya terbuat dari barisan benang yang berbentuk loop (lingkaran/lengkungan jeratan), yang dimana loop ini digunakan sebagai kaitan antar benang. Ketika tiap barisan benang masuk, loop baru akan terbentuk melalui loop yang telah ada sebelumnya. Barisan loop atau jeratan yang sudah selesai terbentuk akan ditahan oleh jarum rajut sebelum memulai barisan loop yang baru.

teknik merajut

Struktur kain rajut bisa dikatakan dibentuk oleh sekelompok rangkaian jeratan-jeratan benang yang saling mengait satu dengan yang lainnya. Tidak seperti menenun, dalam teknik merajut hanya dengan satu helai benang, merajut dapat dilakukan.

Perbedaan struktur kain rajut dan tenun

Dibandingkan dengan kain tenun, elastisitas dari kain rajut lebih tinggi. Kain rajut dapat mudah meregang dikarenakan oleh jeratan-jeratan (loop) pada struktur kain tersebut. Tidak hanya itu, elastisitasnya yang tinggi juga memungkinkan si pemakai bergerak lebih bebas dan leluasa. Keunggulan lain dari kain rajut yaitu kain ini tidak mudah kusut saat dipakai dan saat disimpan. Namun, kain rajut memiliki kemungkinan lebih tinggi terjadi penyusutan jika dibandingkan dengan kain tenun.

kain rajut

Beberapa contoh kain rajut diantara nya jersey, mesh, dan berber,. Sedangkan kain tenun termasuk satin, denim, twill, kanvas, tweed, dan korduroi. Terdapat dua kategori industri utama pada mesin rajut, yaitu: rajut lusi (warp knitting) dan rajut pakan (weft knitting). Warp knitting atau rajut arah lusi adalah kain dengan jeratan-jeratannya mengarah pada arah vertikal, sedangkan weft knitting atau rajut arah pakan adalah kain itu yang posisi jeratan-jeratnnya mengarah ke arah horizontal. Rajut pakan merupakan jenis rajut yang paling umum dipakai.

Perbedaan rajut lusi dan pakan

Benang rajut pun banyak pilihannya, seperti dari jenis benang, tekstur benang, warna dan teknik/tipe rajutnya, pilihan-pilihan ini dapat diseleksi sesuai dengan karakteristik kain rajut yang diinginkan. Walaupun teknik rajut ini tidak diketahui asal-usulnya, namun jarum rajut telah ditemukan pada sisa-sisa peradaban kuno, termasuk Romawi dan Mesir kuno.

Baca juga:Pengertian tenun jacquard, tenun dobby dan tenun pile

Sedikit Fakta Menarik Tentang Merajut,

  • Telah dilakukan penelitian bahwa aktivitas merajut dengan tangan, bersama dengan kegiatan keterampilan menjahit lainnya dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan yang cukup signifikan. Menurut penelitian, gerakan tangan yang ‘berirama’ secara mengulang ini selain memberi efek menenangkan, dapat juga membantu mengurangi atau mencegah stress, meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus menurunkan tekanan darah atau denyut jantung. Merajut dengan tangan, bersama dengan kegiatan santai lainnya juga dikaitkan dengan mengurangi resiko akan penyakit Alzheimer dan demensia.
  • Taukah anda hadiah rajutan apa yang banyak para perajut diluar sana untuk dihindari? Jawabnya sweater. Ada istilah terkenal di kalangan para tukang rajut atau perajut, yaitu “sweater curse” (kutukan sweater), yaitu kepercayaan bahwa siapa yang hendak merajut sweater untuk diberikan pada sang kekasih akan mengakibatkan hubungan spesialnya kandas, alias putus. Dalam banyak kasus, hubungannya kandas bahkan sebelum pembuatan sweater itu selesai.

Hasil Pencarian Lainnya: