Pengertian Kain Sifon – Ciri Dan Karakteristik Kain Sifon

24501 views

kain sifonPengertian kain sifon berasal dari kata sifon (chiffon) yang sebenarnya adalah kata untuk menjelaskan cara atau metode yang digunakan untuk membuat jenis kain ini. Sifon atau dalam bahasa Inggris “chiffon” adalah kain yang tipis, transparan, dan ringan, yang ditenun dengan pola patrun yang seragam. Kain sifon dapat dibuat dengan menggunakan bahan katun, sutera, nilon, polyester. ataupun rayon.

Jika dilihat dengan menggunakan kaca pembesar, kain sifon ini terlihat seperti net atau jarring-jaring halus sehingga membuat kain tersebut tembus pandang. Kain sifon juga dapat dikenali dengan cara tenunannya, antihan (twist) maupun jenis benang yang digunakan. Kain sifon sudah ada sejak tahun 1902 dan masih menjadi salah satu jenis kain yang paling digemari sampai saat ini, khususnya untuk gaun malam dan gaun pernikahan.

Kain sifon ditenun dengan pola ‘balanced plain weave’ yaitu dimana benang lusi dan benang pakannya memiliki pola yang sama dan dengan desain pola criss-cross. Model tenunan ini bukan saja merupakan yang paling sederhana atau simple bahkan juga adalah model yang paling tua. Untuk membuat kain sifon, benang tipe antihan arah S (S-twist) dan arah Z (Z-twist) digunakan bersama serat yang halus.

Sifon merupakan kain yang tipis namun kain tersebut juga bisa memiliki tekstur yang kasar. Karena ketipisannya, kain sifon terasa dingin jika dipakai karena jenis kain ini kurang bisa menahan panas pada sekitar tubuh. Kain ini bisa diwarnain dengan warna apa saja namun kain sifon yang dibuat dari serat polyester lebih sulit untuk diberi warna.

Kain sifon juga merupakan kain yang serbaguna dan sering digunakan untuk pakaian formal, blouse, rok, syal, dress, lingerie, piyama dan gaun malam. Kain ini sering digunakan sebagai lapisan luar pada pakaian formal untuk menutupi kain dalam yang bahannya lebih padat sehingga efek ‘floating’ (mengambang) bisa terlihat pada pakaian tersebut.

Kain sifon bisa terbuat dari bahan apa saja seperti katun, rayon, poliester dan lain lain, namun kain sifon yang terbuat dari sutera dianggap sebagai bahan yang paling berkualitas. Selain dikenal paling halus, kain jenis sifon sutera ini juga memiliki tekstur yang paling lembut dan mengkilau sehingga tidak heran kalau harga kain sifon sutera cukup mahal. Namun anda dapat merasakan perbedaannya yang besar jika dibandingkan dengan sifon dari serat sintesis atau serat lainnya.

Kain sifon yang terbuat dari serat sintesis merupakan kain sifon yang paling umum karena harganya murah. Belakangan ini sifon pada kain stretch-knit yang dibuat dari serat poliester juga sering ditemukan. Stretch-knit adalah kain rajut yang dibuat agar bisa ditarik atau diregang. Sifon yang terbuat dari serat poliester juga merupakan sifon yang tahan lama dan dapat dicuci pada mesin cuci. Mencuci kain sifon menggunakan mesin cuci tidak disarankan karena teksturnya yang tipis sehingga dapat merusak kain tersebut.

Baca juga:Jenis dan karakter kain daerah tropis

Hasil Pencarian Lainnya: