Pengertian Katun Combed (Cotton Combed)

4742 views

Umumnya orang tidak mengetahui bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan antara kapas konvensional dengan kapas combed. Tidak semua serat kapas diproses dengan cara yang sama. Melalui proses yang berbeda dapat mempengaruhi seberapa kuat atau lembutnya kain katun, sehingga akan menghasilkan bahan dengan kualitas yang berbeda-beda.

Katun combed adalah versi bahan katun yang sangat lembut yang dibuat melalui proses khusus sebelum serat kapas ini dipintal menjadi benang.

proese combing

Untuk membuat benang kapas; pertama tanaman kapas dipanen, setelah itu dibersihkan untuk menghilangkan kotoran dan biji-bijian, kemudian proses selanjutnya disebut carding, yaitu memisahkan antar serat dan sekaligus memposisikan serat-serat tersebut secara sejajar dan pada arah yang sama.

Ketika serat kapas disisir (combing process), digunakan sikat atau sisir khusus untuk menarik keluar kotoran yang tersisa sekaligus bersama dengan serat kapas yang pendek. Biasanya sekitar 15% dari volume kapas tersebut disingkirkan dan menyisakan hanya serat yang panjang, lurus dan sejajar. Kapas combed inilah yang kemudian akan dipintal menjadi benang.

Tekstur katun combed lebih lembut karena tidak memiliki benang pendek yang muncul keluar disepanjang kain, dan semua kotoran maupun sisa objek yang tak diinginkan telah disingkirkan dari benang. Katun combed juga lebih kuat, karena serat yang lebih pendek maupun yang mudah pecah telah disingkirkan melalui proses combing. Proses ini agak memakan waktu tetapi meningkatkan kekuatan, daya tahan, dan kualitas keseluruhan dari serat kapas.

Baca juga: Lima jenis serat kapas yang populer

Pengerian Nomor 20s, 20/1, 20s single

Produsen T-shirt menggunakan banyak istilah untuk menggambarkan produk mereka. Istilah-istilah ini tidak selalu konsisten tetapi setidaknya membantu dalam pemahaman untuk panduan referensi. Contoh, katun combed 20s dari produsen A belum tentu sama ketebalannya dengan bahan katun combed 20s dari produsen B dan C.

20s, 20/1, 20s single adalah unit pengukuran (nomor benang) yang mendefinisikan kehalusan sebuah benang katun.

Sebuah gulungan benang katun berukuran standar terdiri dari 768 meter benang katun. Jika dibutuhkan 20 gulungan benang untuk mencapai berat 1 pound (0.453592 kg), maka benang pada gulungan tersebut disebut sebagai (nomor) 20s, atau 20/1.

Jika 30 gulungan benang kapas seberat 1 pound, maka benang yang ada pada gulungan tersebut disebut sebagai benang katun 30s, atau 30/1. Begitu juga dengan 40 gulungan benang kapas yang memiliki berat 1 pound, maka benang pada gulungan tersebut disebut sebagai 40s kapas, atau 40/1.

Dengan kata lain semakin tinggi angkanya (nomornya) maka semakin halus benangnya dan oleh karena itu semakin lembut juga kainnya. Kain T-shirt yang terbuat dari benang 30s dan 40s lebih lembut dan halus dibandingkan dengan kain t-shirt yang terbuat dari benang 20s. Istilah ini digunakan berbeda beda di pasaran, tapi biasanya yang dilihat adalah angkanya atau njomornya; "20s," "20/1", dan "20 single" adalah sama. Benang tersebut juga dapat digabungkan menjadi sehelai benang yang lebih tebal. Misalnya, jika dua benang 20/1 di gabungkan (doubling), maka akan disebut sebagai 20/2.

Hasil Pencarian Lainnya: