Penggunaan dan Aplikasi Serat Abaca

14426 views

Penggunaan serat abacaSerat abaca diekstrak dari batang tanaman. Abaca juga dikenal sebagai Manila rami. Tanaman ini merupakan keluarga Musasea asli Asia dan ditanam di daerah lembab termasuk di Filipina dan Indonesia Timur. Serat abaka banyak digunakan untuk memproduksi tali, kain tenun, kantung teh, Juga merupakan termasuk serat biodegradable dan sustain (berkelanjutan). Abaca dianggap  merupakan serat terkuat dari serat alami, tiga kali lebih kuat dari serat sisal, dan jauh lebih tahan terhadap dekomposisi air asin dari sebagian besar serat tanaman. Dibandingkan dengan serat sintetis seperti rayon dan nilon, serat abaca memiliki kekuatan tarik yang tinggi dan mulur yang rendah pada kondisi basah dan kering. Filipina adalah sumber terbesar di dunia dan pemasok serat abaca untuk pengikatan dan pulp untuk kertas spesialis. Filipina memasok 85% dari serat abaca yang dibutuhkan di seluruh dunia.

Komposisi kimia dari Serat Abaca:

Parameter Persentase (%)
Selulosa 76,6%
Hemiselulosa 14,6%
Lignin 8,4%
Pektin 0,3%
Lilin dan lemak 0,1%

 

Manufaktur Proses Abaca:

Serat abaka diproses dengan cara yang mirip dengan sisal dan serat keras lainnya, meskipun serat ini menunjukkan elastisitas yang lebih sedikit.

Identifikasi Abaca:

Abaca (Musa textilis) memiliki banyak ciri yang dapat membantu untuk mengidentifikasi karaketristiknya. Memiliki diameter seragam dan penampilan yang berlilin (waxy); sering lebih gelap dari sisal; serat berbentuk poligonal pada penampang melintang dan bervariasi dalam ukuran. Terdapat elemen spiral tetapi sering akan memiliki stegmata yang terlihat seperti sebagai struktur mahkota kecil. Abaca, seperti haknya sisal, memiliki twist berlawanan arah jarum jam. Tali pintal dan tikar adalah salah satu produk yang khas dari abaca.

Penggunaan / Aplikasi Serat Abaca :

Abaca adalah tanaman serbaguna dengan beberapa kegunaan. Karena seratnya sangat tahan terhadap air asin, abaca umum digunakan untuk jaring ikan. Serat abaka digunakan terutama dalam produksi kantong teh dan wadah daging; juga merupakan pengganti kulit, yang pernah menjadi sumber utama kain. Selain itu, dianggap sebagai bahan baku yang sangat baik dalam pengolahan keamanan dan kualitas tinggi kertas, popok, pembalut, mesin filter, tekstil rumah sakit (celemek, topi, sarung tangan), dan kabel konduksi listrik, serta 200 produk jadi lainnya yang berbeda.

Serat dikeluarkan dari batang abaca untuk membuat tali, pakaian, bahan berbasis kertas, kain filter, kantung teh dan kopi, kain sekali pakai, serat penguat untuk plester, dan kerajinan lainnya. Pasar tali temali menurun karena adanya persaingan dari serat sintetis. Tanaman ini tumbuh subur dengan baik di habitat teduh dan sejuk serta menyerupai tanaman pisang dalam banyak hal.

Informasi berikut menunjukkan rincian menggunakan serat abaca:

PENGGUNAAN

Produk pintal - tali, twines, tali pintal laut, pengikat, kabel

Manufaktur pulp dan kertas  - kantong teh, kertas filter, mesin stensil, dasar tisu, kulit sosis, dasar kertas, Kertas rokok, kertas mata uang, berkas folder grafik, amplop, kartu waktu, binder buku dan kertas perkamen, x-ray negatif, lensa optik wiper, filter vakum, filter oli

Tenunan - masker gas medis dan gaun, popok, linen rumah sakit, seprai

Kertas  Handmade  - lembaran kertas, alat tulis,  kap lampu, bola, pemisah, alas piring, tas, bingkai foto dan album, bunga, jam meja

Fibercrafts - tas, tempat tidur gantung, alas piring, karpet, tas dan dompet, fishnets, pintu tikar, jam meja

Kain handwoven -  Keranjang, Kertas dinding

Furniture

Lainnya - insulator kawat dan kabel, komponen mobil / komposit

PENGGUNAAN POTENSI ABACA

Fiberboards - genteng, ubin lantai, blok berongga, papan, serat yang memperkuat beton dan aspal

Bahan bakar - musafel

Aplikasi lain - wig,

Baca juga: Cara mencuci kain linen

Hasil Pencarian Lainnya: