Potensi Pemanfaatan Limbah Tekstil

15548 views

Limbah tekstilPada umumnya suatu industry akan menghasilkan limbah yang bila dibiarkan dapat menyebabkan pada kerusakan lingkungan. Seperti halnya industri tekstil, bila dibiarkan limbah tekstil juga akan berdampak pada lingkungan khususnya untuk limbah cair, untuk itu perlu dilakukan pembuangan limbah cair yang tepat sehingga tidak akan mengganggu kerusakan lingkungan, sedangkan untuk limbah padat perlu dilakukan pemanfaatan, supaya dampak untuk lingkungan juga tidak besar, oleh sebab itu untuk pembahasan lebih mendalam maka simak ulasan di bawah ini.

Pemanfaatan limbah tekstil

Limbah atau buangan industry tekstil adalah limbah yang dihasilkan karena proses pengkajian, penghilangan kanji, penggelantangan, pemasakan, merserisasi, pewarnaan, pencetakan dan penyempurnaan. Limbah yang dihasilkan dari proses penyempurnaan tersebut adalah limbah padat yang dapat diproses lagi menjadi kerajinan yang memiliki manfaat besar, dan nilai ekonomis yang cukup besar pula hanya saja perlu teknik yang tepat dalam pengolahan atau pemanfaatan.

Teknik pemanfaatan limbah tekstil

Dalam mengolah buangan industry tekstil anda perlu beberapa teknik atau cara untuk menghasilkan karya atau kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi, yaitu seperti teknik cetak sarig / sablon, batik, macramé, jahit, sulam / bordir, tenun dan tapestry. Dengan menggunakan beberapa teknik tersebut maka anda akan bisa menghasilkan kerajinan untuk benda hias maupun benda pakai, jadi selain anda memiliki manfaat secara ekonomis tetapi dalam pemanfaatan anda juga dapat mengembangkan kreativitas anda.

Keuntungan mengolah dan memanfaatkan limbah tekstil khususnya limbah padat memang cukup besar, apalagi jika anda memiliki kreativitas yang tinggi, dengan tanpa mengeluarkan modal yang besar anda akan mendapatkan keuntungan yang besar khususnya secara ekonomis, jadi yang perlu anda lakukan sekarang adalah mulai mencoba dan berpikir untuk menghasilkan kerajinan yang bernilai ekonomis dan dapat bersaing dengan kerajinan yang lain. Karena kerajinan dari limbah akan lebih mudah menarik minat konsumen bila dibandingkan dengan yang lain, bahkan dengan limbah tersebut anda juga akan bisa membangun sebuah usaha, banyak pengusaha indonesia yang berawal dari pemanfaatan limbah.

Hasil Pencarian Lainnya: