Proses Pembuatan Serat Poliester

35123 views

Sebuah serat yang diproduksi di mana serat membentuk substansi setiap rantai panjang polimer sintetik yang terdiri dari setidaknya 85% berat ester dari asam karboksilat aromatik tersubstitusi, termasuk tetapi tidak terbatas pada unit tereftalat tersubstitusi, p (-Ro-CO- C6H4-CO-O-) x dan parasubstituted unit hidroksi benzoat-p (-Ro-CO-C6H4-O-) x

Proses pembuatan Serat Poliester

Polimerisasi - Manufacturing Polyseter

PTA yang merupakan bubuk putih yang disuapkan oleh conveyor ke dalam MEG panas agar menjadi larut. Kemudian katalis dan TiO2 ditambahkan. Setelah itu Esterifikasi berlangsung pada suhu tinggi. Kemudian monomer terbentuk. Polimerisasi dilakukan pada suhu tinggi (290-300 derajat Celcius) dan pada kondisi hampir total vakum. Monomer akan dipolimerisasi menjadi produk akhir, PET (Poly ethylene Terephthalate).

Melt Spinning (Pemintalan Leleh) - Manufaktur Polyester

Bahan baku polimer berbentuk cairan kental. Cairan ini kemudian dipompa ke mesin melt spinning. Mesin ini bisa terdiri dari satu sisi atau dua sisi dan dapat memiliki 36/48/64 posisi spinning. Pada setiap posisi, polimer dipompa oleh metering pompa yang mengeluarkan kuantitas akurat dari polimer per pitaran (untuk mengontrol denier serat) melalui paket yang memiliki pasir atau stainless steel sebagai partikel media filter dan spineret yang bisa berbentuk melingkar atau persegi panjang dan akan memiliki jumlah lubang tertentu tergantung pada teknologi yang digunakan dan denier akhir yang dihasilkan. Polimer keluar dari setiap lubang pada spineret dan langsung dipadatkan dengan aliran udara kering yang dingin. Proses ini disebut pendinginan. Filamen dari setiap pintal dikumpulkan bersama untuk membentuk sebuah pita kecil, melewati roda yang berputar di dalam bak penyempurnaan spinning: dan pita ini kemudian dicampur dengan pita yang datang dari posisi spinning lainnya, pita gabungan ini disebut tow dan disimpan melingkar dalam Can. Materi ini disebut TOW yang belum ditarik dan tidak memiliki sifat tekstil.

Proses pembuatan serat poliester

Polimer Drawing dan Cutting - Manufacturing Polyester

Pada mesin berikutnya (mesin drawing), TOWS yang belum ditarik dari beberapa can, dikumpulkan dalam bentuk lembaran dan dilewatkan pada air panas untuk menaikkan suhu polimer menjadi 70 derajat C yang merupakan suhu transisi kristal polimer ini sehingga polimer dapat ditarik. Dalam dua zona berikutnya, polimer ditarik sekitar 4 kali. Setelah penarikan selesai, setiap filamen memiliki denier yang diperlukan, dan memiliki rantai mikroskopis yang sejajar dengan sumbu serat, dengan demikian meningkatkan kristalinitas struktur serat dan menanamkan kekuatan tertentu.

Langkah selanjutnya adalah mengatur kekuatan filamen dengan melewatkan filament di bawah tegangan pada beberapa silinder uap yang dipanaskan pada suhu 180-220 derajat C. Berikutnya serat didinginkankan dalam bak air panas, kemudian melewati steam chest untuk kembali memanaskan tow menjadi 100 derajat C sehingga proses crimping yang berlangsung di kotak stuffer berlangsung lancar dan crimp memiliki stabilitas yang baik. Langkah selanjutnya adalah mengatur crimp dan mengeringkan tow sepenuhnya yang dilakukan dengan meletakkannya pada kisi yang melewati ruang udara panas pada suhu 85 derajat C atau lebih.

Tow diarahkan pada cutter dan kemudian serat dipotong yang kemudian dibentuk sebagai bal-bal serat. Cutter adalah gulungan yang memiliki slot pada interval yang sama dengan panjang serat yang dipotong sesuai keinginan, seperti 32 atau 38 atau 44 atau 51mm. Setiap slot memiliki pisau baja stainless atau tungsten karbida tajam yang ditempatkan di dalamnya. Tow akan tergulung pada reel cutter, pada satu sisi dari reel adalah roda presser yang menekan tow ke pisau sehingga tow dapat dipotong. Serat yang terpotong akan jatuh oleh gravitasi dan biasanya sebagian dibuka oleh beberapa air jet dan akhirnya disatukan dan dibentuk menjadi bal serat.

Bal serat kemudian diangkut ke gudang di mana serat akan "matang" minimal 8-10 hari sebelum diizinkan untuk dikirim ke pabrik pemintalan.

Baca juga: Serat-serat khusus/spesial pada poliester

Hasil Pencarian Lainnya: