Warna dan Kilau Serat Tekstil

56010 views

Warna-warna dari serat alami adalah bervariasi. serat wol, misalnya, dapat bervariasi dari warna hitam sampai putih, namun biasanya memiliki warna krem. Filamen biasanya putih saat diproduksi, tetapi bisa memiliki warna untuk hampir semua warna, baik sebelum manufaktur atau sesudahnya. Ketika serat sintetis secara massal dicelup (disebut juga dope dyeing, mass-pigmentation or mass-colouring), material pewarna akan tergabung dalam polimer sebelum filamen terbentuk (yaitu diekstrusi).

Warna serat wool

Warna dan karakteristik permukaan serat yang berbeda memiliki pengaruh besar pada penampilan kain, termasuk kilap (jumlah dan sifat cahaya yang dipantulkan oleh serat, benang atau kain). Serat dengan Permukaan halus dan bentuk cross-sectional yang lebih teratur (mis bulat, bentuk trilobal serat sutra) akan memantulkan cahaya lebih kuat dan merata, serta menciptakan kilau yang tinggi. Sebuah serat seperti kapas, dengan permukaan kasar dan tidak teratur, memiliki bentuk cross-sectional yang terpilin (twisted), akan memiliki kilau yang lebih rendah. Karena memantulkan cahaya lebih kuat dan permukaan lebih halus, serat berbentuk bulat cenderung lebih mudah kotor daripada, misalnya serat multilobal, yang lebih disukai untuk produk-produk seperti karpet  dan jika dipakai  mungkin menjadi masalah yang signifikan.

warna harris tweed

Warna Harris Tweed

Metode lain dari pewarnaan serat adalah dicelup ketika masih dalam bentuk serat, sebelum serat dipintal menjadi benang. Metode Ini disebut stock dyeing, dan digunakan terbatas pada serat wol dan rambut. Stock dyeing memungkinkan pencampuran serat dengan warna yang berbeda sebelum memasuki proses pemintalan, dan ini pada akhirnya memungkinkan produksi benang yang mengandung beberapa warna campuran. Hal ini memungkinkan para desainer untuk menciptakan efek warna yang tidak dapat diperoleh dengan cara lain. Harris tweeds adalah contoh warna efek ini. Pencelupan juga dapat dilakukan pada benang, garmen atau bentuk kain, yang terakhir merupakan bentuk yang paling umum.

Hasil Pencarian Lainnya: